Semalam, saya menjadi narasumber pada salah satu acara On Air bertajuk Ngobrol Asyik bersama teman-teman Q-Radio Sumbawa.

Kita membincang banyak hal terkait eksistensi Wakil Rakyat Sumbawa di parlement. Sebagai salah satu delegasi masyarakat Pulau Sumbawa di DPR RI, saya memahami ada begitu banyak harapan masyarakat yang hendak dititipkan. Memang demikianlah fungsi seorang wakil rakyat.

Saya sendiri baru resmi dilantik per 1 Oktober kemarin. Sesaat setelah itu, saya kemudian diamanatkan oleh partai untuk menjadi Sekretaris MPR RI dari Fraksi PKS.

Sampai saat ini, belum ada penetapan terkait komisi berapa yang nantinya akan ditempati. Tapi kabar baiknya, saya sudah meminta kepada partai untuk ditempatkan di Komisi IV yang membidangi sektor Pertanian, Kelautan, Pangan, Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dan, alhamdulillah partai setuju.

Selain merupakan janji kampanye saya, komisi ini juga merupakan hajat hidup masyarakat Pulau Sumbawa secara umum. Kalau kita bukan petani, berarti kita adalah peternak. Kalau bukan peternak, berarti nelayan. Intinya tidak akan jauh dari sektor ini.

Kini, saatnya kita bekerja keras demi membangun dan menata kembali sektor-sektor di atas. Kita mesti bekerja sama dengan banyak pihak mengingat setiap jenjang pemerintahan punya kebijakannya masing-masing.

Mulai dari Bupati, Walikota, hingga Gubernur. Semua punya kewenangan sesuai amanat undang-undangan. Insya Allah dengan kerja-kerja yang sifatnya kolaboratif, pembangunan akan lebih mudah kita wujudkan.

Ini hanya pengantar singkat dari saya. Namanya juga ngobrol santai. Kita tidak usah tegang. Jangan lupa nikmati liburan dengan keluarga. Selamat berakhir pekan semua.